Sunday 10 November 2013

Tips Mengatur Makan Siang Kita


Makan siang adalah saat yang tepat untuk mengoptimalkan asupan gizi bagi tubuh. Namun jangan sampai berlebihan ataupun sebaliknya. Menurut pedoman diet, porsi makan siang yang baik mengandung 400-750 kalori. Jika lebih dari 800 kalori, maka dapat memberatkan pencernaan dan menyebabkan mudah letih. Nah, sahabat db mau tau bagaimana mengaturnya? Simak ya di artikel berikut! 


Apa menu makan siang sahabat db hari ini? Sudahkah memenuhi kebutuhan gizi? Sahabat db yang ehem ehem, sebaiknya jangan pernah meremehkan menu makan siang sahabat, karena makan siang yang bebas dan tidak terukur nilai gizinya dapat mengakibatkan tidak normalnya status gizi sahabat. 

Sahabat db yang tidak makan siang atau hanya mengonsumsi makanan ala kadarnya seperti karbohidrat sulingan (roti, keripik, cookies) biasanya akan lebih mudah terpapar pada kondisi naik turunnya gula darah. Hal ini akan menyebabkan sekitar jam tiga sore perut sahabat db akan terserang lapar.

Sebaliknya, jika porsi makan terlalu besar, maka akan mudah mengantuk, lesu, dan biasanya mencari camilan manis/gurih/berkafein, untuk mengembalikan kadar energi tubuh. Bila hal ini berlangsung terus menerus, tentu akan berdampak pada kondisi kesehatan dan produktifitas sahabat db.

Jadi menurut sahabat db, kapan waktu yang tepat untuk makan siang? Makan siang idealnya dilakukan pada pukul 12.00- 13.00, yaitu pada saat sahabat berada ditempat kerja, sekolah, atau sedang pada puncak aktifitasnya. Pada waktu tersebut, kondisi enzim pencernaan sahabat telah siap melakukan tugasnya yaitu mencerna dan menyerap sari makanan yang masuk dalam tubuh. Oleh karena itu, makanan siang sebaiknya berupa satu set hidangan lengkap yang dapat memenuhi energi dan semua zat gizi yang diperlukan tubuh.

Sahabat db yang baik, bagaimana memilih makan siang yang sehat? Pertama, makan siang minimal terdiri dari empat kelompok: makanan pokok (sumber karbohidrat), lauk pauk (sumber protein dan lemak), buah dan sayur (sumber vitamin dan mineral), dan minuman.

Kedua, pilih makanan yang memberi rasa kenyang lebih lama. Hal ini agar perut sahabat db tidak cepat lapar. Makanan yang membuat rasa kenyang lebih lama adalah makanan yang mengadung karbohidrat komplek. Karbohidrat komplek selain pati adalah serat. Jika ada pilihan nasi putih atau nasi merah, sebaiknya pilihlah nasi merah. Juga pilihlah roti whole wheat dari pada roti putih, serta buah buah segar dari pada kue kue manis atau ice cream sebagai dessert.

Contoh makan siang sehat dengan kandungan kalorinya

Menu 1 (700 kalori)
  • Nasi
  • Ikan bakar bumbu kecap
  • Oseng oseng tahu tempe
  • Capcay
  • Jeruk
Menu 2 (500 kalori)
  • Gado gado yang berisi: lontong, tahu, telur ayam, sayuran, (tauge, kacang panjang), dan kerupuk atau emping.
  • Pisang 
Tips makan siang:
  • Minumlah terlebih dahulu 30 menit sebelum makan
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah
  • Pilih jenis protein yang rendah lemak (lean protein) seperti bagian dada ayam atau ikan
  • Hindari jenis makanan yang digoreng
  • Jangan makan sambil beraktifitas
Terima kasih telah membaca artikel tentang Tips Mengatur Makan Siang Kita, jangan lupa simak juga artikel yang tidak kalah menariknya tentang Aneka Resep, Aneka Tips, dan Kesehatan serta untuk sahabat db yang mempunyai baby ada artikel tentang Resep MPasi 6 bulan  atau Resep MPasi 8 bulan.

Salam..


Sumber: Berbagai sumber

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment