Monday 22 April 2013

Apakah Hipertensi itu?

Sahabat db yang baik, tentunya pernah mendengar kata hipertensi atau darah tinggi? Sebenarnya apasih hipertensi itu? Hipertensi itu sebenarya makanan apa minuman ya?... Hussh! Hehehe.. Dari pada ngelantur ga jelas, biar db aja yang pasang badan buat nyari info info dari tetangga sebelah rumah, terus nyeritain ke sahabat sahabat db..

Langsung aja ya, dimakan dan diminum...




Apakah Hipertensi itu?

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri yang meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. 

Tekanan darah melibatkan dua pengukuran, sistolik dan diastolik, tergantung apakah otot jantung berkontraksi (sistole) atau berelaksasi di antara denyut (diastole). 

Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik (bacaan atas) 100–140 mmHg dan diastolik (bacaan bawah) 60–90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih.

Hipertensi terbagi menjadi hipertensi primer (esensial) atau hipertensi sekunder. Sekitar 90–95% kasus tergolong "hipertensi primer", yang berarti tekanan darah tinggi tanpa penyebab medis yang jelas. Kondisi lain yang mempengaruhi ginjal, arteri, jantung, atau sistem endokrin menyebabkan 5-10% kasus lainnya (hipertensi sekunder).

Hipertensi adalah faktor resiko utama untuk stroke, infark miokard (serangan jantung), gagal jantung, aneurisma arteri (misalnya aneurisma aorta), penyakit arteri perifer, dan penyebab penyakit ginjal kronik. Bahkan peningkatan sedang tekanan darah arteri terkait dengan harapan hidup yang lebih pendek. 

Harapan hidup yang lebih pendek? Wuaduh seremkan sahabat db? Kayak pilem horor luar negeri aja ( kalau pilem horor lokal bukanya serem tapi bikin jijik hehe..) 

Tetapi sahabat db tidak perlu kuatir karena perubahan pola makan dan gaya hidup dapat memperbaiki kontrol tekanan darah dan mengurangi resiko terkait komplikasi kesehatan (hipertensi). Meskipun demikian, obat seringkali diperlukan pada sebagian orang bila perubahan gaya hidup saja terbukti tidak efektif atau tidak cukup.

Bagaimana sahabat db, sudah jelas apa tambah pusing?..
Kalau pusing, jangan jangan tekanan darah jadi naik nih...Saabbaarr..hehehe
Dilanjut ke Pencegahan Hipertensi dan Manajemen Hipertensi ya...

Maturr Suwunnn...


Sumber: Wikipedia


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment