Sunday, 3 March 2013

Tips Memilih Singkong Yang Baik dan Enak

 




Ketela pohon, ubi kayu, atau lebih dikenal dengan nama singkong (Manihot utilissima) adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.

Di tulisan sebelumnya Diary Bunda telah berbagi salah satu cara pengolahan singkong yaitu dengan dibuat makanan berupa Singkong keju yang sangat yumii. Baik dengan cara Singkong Keju Goreng (1) ataupun dengan cara Singkong Keju Goreng (2). Dan alangkah baiknya sahabat diary bunda juga mengetahui Tips Memilih Singkong yang Baik dan Enak, oleh karena itu silahkan langsung meluncur ke T K P ...







Tips Memilih Singkong Yang Baik dan Enak :

1.   Semua jenis singkong dapat digunakan untuk resep singkong goreng keju, baik singkong yang kuning maupun yang putih kecuali singkong pandesi, karena singkong jenis ini beracun.

2.   Ciri-ciri singkong yang beracun adalah kulit luarnya berwarna putih tipis, warna daun singkong hijau sangat tua (jika singkong masih dalam pohon) dan kadar air dalam singkong tinggi.

3.   Jika ingin singkongnya merekah, sahabat diary bunda bisa memilih singkong gunung (singkong yang ditanam di gunung).

4.   Sebaiknya gunakan singkong yang masih baru, dengan usia tanam 6 – 8 bulan. Tanda singkong yang masih baru adalah kulitnya luar singkong mudah dikuliti atau mudah dilepaskan dari singkongnya.

5.   Warna kulit singkong yang baik, biasanya adalah yang berwarna coklat, coklat kemerahan atau merah maron.

6.   Singkong yang masih baik, apabila dipotong masih basah dan sangat mudah retak atau mudah dipatahkan.

7.   Apabila sahabat diary bunda memilih singkong pada suatu tumpukan dan kalian menemukan singkong yang tidak baik, maka hindari memilih singkong pada tumpukan yang sama karena biasanya dalam satu tumpukan singkong sifatnya sama, yaitu satu singkong bantat yang lain juga ikut bantat.

8.   Hindari singkong yang sudah berwarna biru, atau berkayu pada bagian pangkalnya.

9.   Sebaiknya cari singkong yang mulus, atau kulitnya tidak terluka. Karena singkong yang mulus, biasanya isinya juga mulus.

Sumber: berbagai sumber