Wednesday 7 August 2013

Tips untuk Ibu Hamil Tetap Sehat dan Bugar Selama Lebaran




Dear sahabat db, di hari kemenangan ini ijinkan db mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1434 H mohon maaf lahir dan batin, bagi sahabat sahabat db yang merayakannya. Di hari yang sakral dan berbahagia ini ijinkan pula db mensharekan beberapa artikel yang insya allah bermanfaat. Pertama db akan mensharekan tips untuk sahabat db yang sedang hamil agar tetap sehat selama beraktifitas dihari raya ini. Selanjutnya db akan mensharekan pula aneka resep kue yang biasa disediakan untuk cemilan dihari raya semisal kastengel, nastar, kue coklat kacang dan putri salju. Selain aneka kue db juga akan mensharekan aneka resep masakan yang biasanya di sajikan saat hari raya, misalnya rendang daging, opor ayam, sayur labu siam, dan sambal goreng kentang.

Selamat membaca dan selamat berbahagia bersama keluarga.
Salam..



Tips untuk Ibu Hamil Tetap Sehat dan Bugar Selama Lebaran


1. Memakai Baju Hamil Nyaman

Untuk sahabat db yang sedang hamil, saat lebaran sebaiknya memilih baju hamil yang nyaman. Pilihlah baju hamil yang terbuat dari katun yang mudah menyerap keringat. Karena produksi keringat seorang ibu hamil akan lebih banyak dari biasanya, sehingga baju yang meyerap keringat akan membuat sahabat db nyaman saat bersilahturahmi. Bila sahabat berkeringat terlalu banyak akan membuat tubuh cepat lelah. Ingat ya, sahabat db jangan memilih baju yang terlalu ketat, apalagi di bagian perut. Karena ini bisa mengganggu aktivitas gerak dan membuat rasa sakit pada bagian perut. Saran untuk sahabat db, bisa memilih dress yang longgar di bagian perut atau celana khusus ibu hamil yang dipadu dengan blouse.



2. Jangan Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Manis

Saat lebaran pastinya sahabat db akan "bertemu" dengan aneka ragam makanan yang sangat menggugah selera. Untuk sahabat db, boleh kok mencicipi aneka hindangan lebaran yang ada. Tetapi ingat ya, sebaiknya sahabat db juga bisa membatasi diri untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan yang bersantan dan manis. Karena bisa memicu iritasi lambung.
Saran untuk sahabat, makanlah dalam porsi kecil dan perbanyak untuk mengonsumsi buah dan sayur. Jangan lupa untuk minum air putih dibanding dengan sirup atau minuman dingin lain agar sahabat tidak mengalami dehidrasi.

3. Membatasi Kunjungan

Ketika hamil, sahabat db tidak harus mengunjungi semua sanak saudara. Ini untuk mencegah kelelahan saat hamil. Sahabat  db bisa berdiskusi dengan suami, tentang jumlah keluarga yang akan dikunjungi. Untuk keluarga yang lokasi tempat tinggalnya sangat jauh, lebih baik tidak perlu didatangi dulu. Tetapi sahabat db sebaiknya tetap menghubungi mereka dan jelaskan kalau kondisi sahabat yang sedang hamil tidak memungkinkan untuk pergi jauh. Usahakan juga jangan pergi ke banyak tempat dalam satu hari, cukup satu atau dua tempat saja. Terlalu lama berada di perjalanan juga akan membuatmu lelah dan berakibat tidak baik untuk calon bayi sahabat db.

4. Jangan Banyak Bergerak

sahabat db termasuk tipe yang nggak bisa diam, apalagi saat ngumpul dengan keluarga? Nah, kelincahan sahabat db ini harus dikurangi selama hamil. Jika sedang berkunjung ke rumah saudara, sebisa mungkin jangan terlalu banyak bergerak atau berjalan kesana-kemari. Saat berkumpul dengan keluarga, mungkin sahabat tidak terlalu merasakan lelah karena saking senangnya. Tetapi, bisa saja setelahnya sahabat db merasakan keram perut bahkan timbul flek akibat terlalu banyak bergerak. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti ini, sahabat db harus bisa menahan diri, janganlah terlalu lincah.

5. Flat Shoes Pilihan Terbaik

Kunjungan ke rumah saudara-saudara sudah cukup melelahkan, jadi jangan tambah beban sahabat db dengan bepergian menggunakan sandal ber-heels meskipun cuma sedikit. Dengan perut yang semakin membesar, pastinya sahabat akan semakin sulit berjalan dan lebih mudah merasa lelah. Untuk mengatasinya, pilih sandal cantik atau sepatu terbuka atau peep toe tanpa hak yang akan membuat kaki nyaman saat berjalan. Disarankan jangan memilih sepatu tertutup karena biasanya agak kurang nyaman digunakan saat hamil. Mau tampil lebih gaya? Boleh mencoba pakai sandal model gladiator agar penampilan sahabat db nggak terkesan biasa.

6. Istirahat Cukup

Sudah seharian berada di luar rumah, maka saat pulang jangan melakukan banyak aktivitas lagi. Cukupkan istirahat dan bed rest untuk mengembalikan stamina sahabat db. Jika perlu, minta suami memijat pundak sahabat agar sahabat db merasa lebih rileks. Ingat lho, jangan paksakan tenaga sahabat db meski sahabat merasa masih kuat melakukannya ya. Istirahat yang cukup juga akan membuat lebih siap beraktivitas lagi esok harinya.


Terima kasih.. 

Sumber: family.fimela.com
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment