Tuesday 30 July 2013

Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan


Dear Sahabat db, saat puasa umumnya tubuh kita menjadi lemah, lesu, dan kurang tenaga. Hal ini terjadi karena nutrisi dan gizi makanan yang kita konsumsi tidak sebanyak hari hari biasanya. Untuk itu db akan membagikan artikel yang dapat membantu mempertahankan tubuh agar tetap sehat dan tercukupi nutrisinya selama menjalankan ibadah puasa.

Jika selama ini kita belum memelihara tubuh agar tetap sehat, bugar, dan tercukupi nutrisinya, saat berpuasa inilah merupakan saat yang tepat untuk berlatih hidup sehat. Caranya adalah dengan memaksimalkan serapan hara, menjaga hidrasi yang tepat, dan memodifikasi hormon pembakar lemak. 


Pertamatama, mari kita lihat apa yang terjadi pada tubuh sahabat db selama menjalankan puasa ramadhan. Ketika sahabat db berpuasa, tubuh sahabat db menjadi lebih sering dehidrasi. Sumber utama bahan bakar metabolik untuk fungsi tubuh juga berkurang, terutama untuk membakar lemak. Selama berpuasa tubuh sahabat db mencoba memaksimalkan fungsi metabolisme karena asupan makanan yang kurang sering. Serta untuk memaksimalkan massa otot yang jauh berkurang, sahabat db dapat melakukan olahraga ringan.

Olahraga ringan dapat dilakukan selama kurang lebih 30 menit. Waktunya disesuaikan dengan kebutuhan sahabat db, bisa dilakukan menjelang waktu berbuka atau lebih baiknya dilakukan setelah solat tarawih. Misalnya sahabat db dapat melakukan olahraga ringan di gym. Dan yang menjadi catatan sahabat db adalah untuk membakar lemak dan memaksimalkan massa otot hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 menit.

Saat makan sahur sahabat db disarankan meminum air yang relatif cukup, mengonsumsi makanan yang kaya protein, karbohidrat, dan lemak esensial. Beberapa makanan yang kaya protein diantaranya adalah: putih telur, dada ayam, havermut, gandum, kayu manis, pisang, madu, kismis, sayuran berserat (relatif mengenyangkan), selai kacang alami, dan minyak zaitun. Dan sahabat db sebaiknya menghindari makanan yang bernatrium tinggi, seperti: sup, saus, bumbu, produk roti tinggi natrium, dan daging kaleng.

Ketika berbuka, sahabat db sebainya mengonsumsi kurma, karena kurma sangat tinggi kalium (lebih tinggi dari pisang). Kurma juga mengandung karbohidrat, serat, dan magnesium. Kurma juga mempunyai nutrrisi khusus yang disebut beta glucan D yang merupakan serat yang mudah larut yang dapat meningkatkan rasa kenyang dan kesehatan pencernaan.

Selain kurma, sahabat db juga dianjurkan untuk meminum secangkir susu non fat karena susu merupakan sumber protein dan kalsium. Serta sebelum makan makanan yang lebih padat, sahabat db  dapat menikmati makanan yang ringan lebih dahulu semisal sup, atau roti gandum.

Sahabat db sebaiknya memilih makanan yang mengandung biji bijian, sayuran yang dikukus atau dipanggang dan buah buahan segar. Hindarilah makanan yang pedas karena akan merangsang sekresi lambung yang dapat menyababkan perasaan tidak nyaman setelah berbuka.

Penting dipahami oleh sahabat db adalah baik pada saat berbuka ataupun makan sahur adalah janganlan memanjakan diri dengan mengonsumsi makanan berlebihan serta berpuasa bukanlah memindahkan jam makan sahabat db. Karena berpuasa merupakan ibadah, maka sebaiknya jangan bermalas malasan apalagi ketika bekerja. Bukan kenapa kenapa sih, dimarahi si boss nanti. hehehe...

Terima kasih sahabat db telah membaca artikel Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan. Semoga artikel diatas bermanfaat dan dapat membantu sahabat db dalam usaha menjaga kesehatan selama beribadah puasa selain itu sahabat db juga dapat mencari tahu bagaimana cara menikmati berpuasa dibulan ramadhan pada 10 Tips Menikmati Ramadhan Sehat.

Salam..
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment