Tuesday 28 May 2013

Madu Asli?

Sahabat db terima kasih telah membaca artikel Diet Praktis Dengan Madu, bisakah? Tentunya sahabat db sangat penasaran untuk mencobanya, db sarankan segera dicoba ya.. hehe.. Tetapi mungkin sahabat db juga pernah mendengar berita berita dipasaran beredar madu yang campuran dan bahkan yang tidak asli/ palsu. Bukankah hal ini sangat menghawatirkan? Tenang tenang biar db sharekan artikel yang dapat membantu sahabat db untuk lebih teliti dalam memilih madu yang baik.


Selamat membaca..



Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengetahui keaslian madu tes dan observasi di rumah sendiri untuk menemukan ciri-ciri madu asli:

1. Melarutkan Madu Dalam Air
Larutkan madu yang telah anda beli ke dalam segelas air dan amati perubahannya. Salah satu ciri-ciri madu asli adalah membutuhkan waktu yang cukup lama untu mengendap di dasar gelas dan larut dalam air. Jika madu langsung larut dalam air cepat, kemungkinan besar sudah dicampur dengan madu atau sirup gula.

2. Tes Pembakaran
Celupkan sumbu ke dalam madu untuk beberapa saat. Kemudian ambil lilin dan bakar sumbunya dengan korek api. Ketika sumbu sulit terbakar, itu berarti bahwa kemungkinan madu tidak madu asli. Salah satu ciri-ciri madu asli adalah, tidak mengotori sumbu lilin ketika dicelupkan ke dalamnya, sehingga lilin akan tetap terbakar dengan baik ketika dinyalakan setelah dicelupkan ke dalam madu.

3. Tes Menggunakan Kain
Tuangkan sejumlah kecil madu pada kain, biarkan beberapa waktu, lalu cuci kain dengan air. Untuk madu asli, maka noda pada kain akan hilang. Sementara, bila noda masih terlihat, menunjukkan bahwa madu tersebut tidak asli lagi.

4. Kehadiran Semut
Masukan sedikit madu pada tempat terbuka di mana semut biasanya dan biarkan beberapa waktu. Jika Anda ingin datang dan dipenuhi semut, madu tidak lagi kemungkinan madu asli. Bisa sudah dicampur dengan sirup atau gula. Kehadiran semut menjadi indicator yang telah dipercaya banyak orang sebagai  ciri-ciri madu asli atau palsu.

5. Tekstur dan Kepadatan
Ciri-ciri madu asli yang lain adalah mereka memiliki tekstur lebih tebal dan lebih padat dari campuran madu. Madu palsu biasanya lebih encer karena campuran dengan air atau sirup. Anda yang terbiasa mengkonsumsi madu murni, akan mengetahui bahwa suatu jenis madu tidak asli dengan merasakan ketebalan teksturnya.

6. Rasa dan Bau
Ciri-ciri madu asli adalah memiliki bau khas dan rasa yang lebih kuat daripada madu palsu. Anda yang sudah lama mengkonsumsi madu asli, maka akan terbiasa dengan bau madu asli dan juga rasanya yang khas. Hal ini akan membuat anda dapat membedakan antara madu asli dan madu campuran.

Ketika anda menduga bahwa suatu produk madu bukanlah madu asli, catatlah merknya dan jangan membelinya lagi di waktu berikutnya. Perhatikan juga produsennya, sebagai pertimbangan anda sebelum membeli produk mereka yang lain. Semoga tes yang sederhana  ini dapat membantu anda untuk memahami ciri-ciri madu asli, sehingga anda mendapatkan khasiat madu secara penuh ketika anda membeli dan mengkonsumsinya.
 
Terima kasih...
 
Sumber:  madu-tawon.blogspot.com
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment