Wednesday 3 July 2013

Manfaat Makanan Berserat



Dear sahabat db,

Terima kasih telah membaca artikel mengurangi resiko kematian dengan makanan berserat. Berikut db akan sharekan beberapa manfaat makanan berserat, yang salah satunya dapat menurunkan berat badan. Tidak perlu lama lama, langsung berangkat..

Selamat menbaca..


Manfaat makanan berserat, antara lain:

Mencegah Sembelit

Sembelit adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk mengeluarkan kotoran atau feses dari tubuhnya. Sembelit menetap yang terjadi pada seseorang dan mencapai tahap kronis dapat mengganggu fungsi kerja tubuh dan menimbulkan berbagai gangguan seperti insomnia, pegal pegal bahu, sakit kepala, alergi, dan lain sebagainya.

Serat dapat mencegah dan mengurangi sembelit karena kemampuanya dalam menyerap air ketika melewati saluran pencernaan sehingga meningkatnya ukuran feses dan membuatnya menjadi lunak sehingga mudah dikeluarkan. Kotoran pun tidak menumpuk didalam tubuh, hal ini akan membuat pencernaan dan tubuh menjadi lebih sehat.

Namun, agar terbebas dari masalah sembelit, konsumsi serat harus diimbangi dengan asupan air yang cukup karena jika kurang minum, serat justru akan memperparah konstipasi atau gangguan pada usus besar.


Membantu Menurunkan Kolesterol dan Mencegah Jantung Koroner

Makanan berserat umumnya dapat mengikat kolesterol dalam makanan sehingga mampu membantu mengurangi kadar kolesterol yang menumpuk dalam tubuh. Berkurangnya tumpukan kolesterol dalam saluran darah secara otomatis akan mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung koroner.


Mencegah Kangker Usus

Bila kotoran yang seharusnya dibuang oleh tubuh menumpuk terlalu lama dalam tubuh, bakteri jahat akan mudah berkembang baik dan melukai dinding usus sehingga radikal bebas dapat menggangu sel sel tubuh.

Selain itu, zat racun dalam kotoran akan kembali terserap oleh tubuh melalui pembulu darah dan akhirnya tersebar keseluruh tubuh dan membuat tubuh menjadi tidak sehat dan kurang nyaman. Hal ini dapat meningkatkan resiko kangker usus pada tubuh manusia.


Membantu Menurunkan Berat Badan

Makanan yang mengandung serat yang relatif tinggi akan memberikan rasa kenyang karena komposisi karbohidrat komplek yang menghentikan nafsu makan sehingga mengakibatkan turunnya konsumsi makanan.

Selain itu, makanan yang banyak mengandung serat biasanya rendah lemak sehingga bisa mengurangi pemasukan lemak dan kalori berlebih di dalam tubuh.


Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil

Makanan yang kaya akan serat biasanya mengandung karbihidrat kompleks. Karbohidrat jenis ini biasanya membutuhkan waktu yang lambat diserap kedalam sistem tubuh.

Proses penyerapan karbohidrat yang lambat ini dapat membantu menghindari terjadinya peningkatan drastis pada kadar gula darah sehingga kadar gula darah dalam tubuh relatif terjaga dan stabil.

Terima kasih..

Sumber: berbagai sumber


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment