Sunday 23 June 2013

Tips Agar Santan Kelapa Tidak Mudah Basi


Apa kabar sahabat db? Apakah masih lezat dan gurih gurih..hehe

Untuk masakan Indonesia rasanya santan/santen tidak dapat dipisahkan begitu saja, karena sangat banyak masakan Indonesia yang munggunakan bahan ini, diantaranya opor ayam, rendang daging, serta bermacam aneka kue dan aneka minuman. Santan sendiri sebenarnya adalah cairan putih kental yang dihasilkan dari kelapa yang diparut dan kemudian diperas bersama air. Santan mempunyai rasa lemak dan digunakan sebagai perasa yang menyedapkan masakan sehingga menjadi gurih. 

Pada zaman dahulu (sebagian masih dilakukan sampai sekarang), cara memperoleh santan adalah dengan memeras dari daging kelapa yang diparut dan dicampur dengan air. Pada zaman sekarang, memperoleh santan bukanlah perkara sulit, karena telah banyak diperjual belikan santan santan instan. Tinggal merogoh kocek sedikit, kita sudah dapat santan dan tidak perlu repot lagi memarut kelapa dan memerasnya.

Di sini db mencoba sharekan tips agar santan kelapa tidak mudah basi, karena segala sesuatu yang instan itu belum tentu baik sahabat, terutama untuk kesehatan.

Monggo silahkan dibaca..



Tips agar santan kelapa tidak mudah basi ini ada beberapa cara, tergantung pada kapan sahabat ingin menggunakan santan tersebut. Berikut tipsnya:

Menyimpan santan dalam jangka pendek

- Cara pertama: masukkan cabai merah ke dalam santan sebelum disimpan dalam lemari pendingin. Santan akan segar selama beberapa hari.

- Cara kedua: masukkan satan dalam wadah atau plastik tertutup dan masukkan ke dalam lemari es. Santan bisa bertahan 4-6 hari.

- Cara ketiga: parut kelapa yang belum diperas, siram dengan air panas terlebih dahulu, lalu didinginkan. Setelah itu, masukkan ke dalam lemari pendingin. Peras parutan kelapa jika hendak digunakan.

- Cara keempat: parut kelapa disiram air panas atau direbus lalu dinginkan. Simpan dalam wadah (tidak dalam kulkas) dan rebus kembali setiap 6 jam. Santan bisa bertahan selama 24 jam.

Menyimpan santan dalam jangka panjang

- Cara pertama: rebus santan dengan sedikit garam, dinginkan, dan taruh dalam plastik. Setelah itu masukkan ke dalam frezzer. Santan bisa bertahan selama 1 bulan.

- Cara kedua: simpan santan dalam plastik atau wadah tertutup rapat. Masukkan ke dalam freezer dan biarkan beku. Dengan cara ini, santan bisa bertahan sampai 3 bulan. Carikan sekira 24 jam sebelum digunakan.

- Cara ketiga: simpan dengan cara pengalengan. Dengan cara ini, santan bisa bertahan selama 2 tahun.


Demikian tadi tips agar santan tidak mudah basi. Sahabat dapat membaca juga manfaat santan kelapa serta kandungan nutrisi santan kelapa.



Terima kasih


Sumber: berbagai sumber
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment