Tuesday 10 September 2013

Air Susu Ibu (ASI), apa sih?


Dear sahabat db, bulan Agustus kemarin db sok super sibuk, db yakin sahabat sahabat pada kangen sama db, hehe.. ngarep.. Di awal bulan september ini db akan mensharekan artikel yang sangat bermanfaat, yaitu tentang ASI.

Penasaran? Langsung aja ya sahabat, disimak...


Apa itu ASI?

Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan alamiah berupa cairan dengan kandungan gizi yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan bayi, sehingga bayi tumbuh dan berkembang dengan baik.

Setelah mengetahui apa pengertian ASI, tentunya sahabat db penasaran apa sih kandungan ASI itu, simak ya artikel di bawah:

Kandungan ASI 

Immunoglobulin A (IgA) yang banyak terdapat pada kolostrum yakni ASI berwana kekuningan yang keluar pertama dari payudara. Zat ini melindungi bayi dari serangan infeksi. IgA melapisi saluran cerna agar kuman tidak dapat masuk ke dalam aliran darah dan akan melindungi bayi  hingga sistem kekebalan tubuhnya berfungsi dengan baik. 

Ganfliosida (GA) yang berperan dalam pembentukan memori dan fungsi otak besar serta sebagai alat konektivitas sel otak bayi. GA sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Ketika lahir, bayi memiliki 100 miliar sel otak yang belum terhubung dan GA diperlukan untuk menghubungkan sel-sel otak tersebut. 

Protein yang disebut protein kasein dan whey. Protein yang terdapat dalam ASI ini bersifat lebih mudah dicerna oleh tubuh bayi. 

Lemak ASI terdiri dari beberapa jenis namun yang paling esensial adalah asam lemak yang merupakan komponen dari semua jaringan tubuh dan diperlukan untuk perkembangan jaringan sel, otak, retina dan susunan saraf. ASI mengandung asam lemak tidak jenuh ganda berantai panjang (long-chain polyunsanturated fatty acid atau LC-PUFA) yang terdiri dari DHA (docosahexaneoic acid atau asam dokosaheksaenoat), LA ( linoleic acid atau asam linoleat), ALA (alfa linoleic atau asam alfa linoleat) dan AA (arachidonic acid atau asam arakidonat).

Dengan kandungan itu ASI mempunyai kebaikan, antara lain: 
1. Mengandung zat gizi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan anak.
2. Mengandung zat anti infeksi, terutama untuk infeksi saluran pencernaan.
3. Mengandung zat kekebalan tubuh sehingga bayi tidak mudah sakit.
4. Melindungi bayi dari alergen.
5. Membantu memperbaiki refleks menghisap, menelan, dan pernafasan.
6. Menguatkan kasih sayang antara Ibu dan bayi.

Demikian sekilas tentang, Apa Sih Air Susu Ibu (ASI). Sahabat db mohon dinantikan artikel selanjutnya masih tentang ASI yang tentang Apa Saja Keuntungan Pemberian ASI bagi Bayi maupun Apa Saja Keuntungan Pemberian ASI bagi Ibu bayi.

Terima Kasih dan Salam...



Sumber: berbagai sumber




Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment